PENGEMBANGAN BLENDED LEARNING DALAM MATAKULIAH INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (IMK) STUDI KASUS STMIK-NH

Faiza Rini, Faiza Rini PENGEMBANGAN BLENDED LEARNING DALAM MATAKULIAH INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (IMK) STUDI KASUS STMIK-NH. LP2M STMIK Nurdin Hamzah.

[thumbnail of Reviewer 1 dan 2 Pengembangan Blended Learning.pdf] Text
Reviewer 1 dan 2 Pengembangan Blended Learning.pdf

Download (806kB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat dewasa ini, khususnya perkembangan teknologi
internet turut mendorong berkembangnya konsep pembelajaran jarak jauh ini. Ciri teknologi internet yang selalu
dapat diakses kapan saja, dimana saja, multiuser serta menawarkan segala kemudahannya telah menjadikan
internet suatu media yang sangat tepat bagi perkembangan pendidikan jarak jauh selanjutnya. Hal ini lah
mengapa untuk saat ini sistem pembelajaran secara blended learning masih sangat baik di terapkan di Indonesia
agar lebih dapat terkontrol secara tradisional juga. Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,
sumber daya manusia pun dituntut untuk menanggapi perkembangan tersebut. Dengan demikian kualitas sumber
daya harus ditingkatkan dengan berbagai upaya agar mutu dan kualitas pendidikan juga meningkat, baik melalui
peningkatan kompetensi dosen sebagai pendidik, pengadaan buku dan alat pelajaran, perbaikan sarana dan
prasarana pendidikan, peningkatan mutu manajemen Perguruan Tinggi, maupun pengubahan kurikulum
pendidikan.Dalam suatu bangsa dituntut adanya perubahan dalam pendidikan untuk memiliki sumber daya
manusia yang berkualitas, sehingga konsep pendidikan pun akan mengalami perubahan. Konsep pendidikan
yang berubah akan mempengaruhi cara dan sistem pencapaian pembelajaran terutama pendidikan di Perguruan
Tinggi. Melihat perjalanan dunia pendidikan Indonesia, dan pesatnya perkembangan Teknologi Informatika dan
Komunikasi. Proses pembelajaran yang berbasis TIK dapat meningkatkan mutu pendidikan dan proses
pembelajaran yang efektif, fleksibel, juga efisien. Salah satu pembelajaran dalam pandangan konstruktivis yang
dapat diterapkan untuk meningkatkan keaktifan mahasiswa adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran
Blended Learning khususnya pada matakuliah Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) dengan flatform edmodo.
Keyword: Model Blended Learning,Pendidikan di Perguruan Tinggi,Flatform Edmodo

Item Type: Other
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 02 Mar 2021 04:22
Last Modified: 02 Mar 2021 04:22
URI: http://repository.lldikti10.id/id/eprint/93

Actions (login required)

View Item
View Item